Minggu, 13 Februari 2011 | By: Megawati Wahyuningsih

Makan Oats


Awalnya sih cuma lihat iklan di tv tentang oats. "Oats kaya serat dan bisa mengikat kolesterol dalam darah sehingga dapat menurunkan resiko penyakit jantung," kira-kira begitu kata ibu-ibu di iklan. Dengan tampang polos ane pun ngelirik semangkuk bubur putih yang diatasnya ada seiris stroberi dan beberapa butir blueberry. Imajinasi ane langsung beraksi, gan! Kek mana ya, rasanya? Ane ngebayangin stroberi n blueberry ditaruh diatas bubur putih, keknya rasanya manis n lembut macam bubur bayi gitu. Ih...enak banget yak? Orang dewasa dikasi makan yg lembut-lembut gitu. Mana katanya bisa nyerap kolesterol, lagi. Manteb banget ni makanan!
Waah...langsung deh ane browsing tentang oats, n ane jadi tau kalo oats itu berasal dari gandum, gan! Rasanya plain alias tawaaaaar banget, tapi dia sarat nilai gizi. Oats mengandung 3 antioksidan alami yg mampu membentengi tubuh dari serbuan radikal bebas, serta mengandung serat yang mampu mengikat kolesterol dalam darah sehingga dapat terhindar dari serangan penyakit jantung. Selain itu, oats juga cocok dimakan oleh orang yg lagi diet untuk menurunkan berat badan karena karbohidrat kompleks dalam oats dapat memberikan rasa kenyang lebih lama.

Ane pun bengong, gan. Bubur putih itu ternyata banyak banget manfaatnya. Trus ane browsing lagi tentang si bubur putih. Ternyata banyak orang (di Indonesia, tentunya) ga suka makan oats karena rasanya ga enak. Sehat sih sehat, tapi buat apa menyiksa diri dengan makan makanan yang ga enak? gitu komentar beberapa orang.

Ane jadi inget kata-kata Papa ane kalo ane males makan pas lagi sakit. Ane bilang semua makanan ga enak. Trus Papa ane bilang, "Jangan nurutin selera lidah, tp turuti kebutuhan tubuhmu," gitu gan. Ane jadi mikir, iye juga...mana ada makanan enak tapi sehat? hmmm...

ah, udahlah gan! ngelantur nih!
Ane pun ngelanjutin browsing oats. Ane nemuin beberapa orang yang 'mengakali' penyajian oats supaya lebih enak dimakan. Ada yang cuma dikasih gula (yeeee...sama aja nambah gula darah, gan!). Ada yang ditambahin susu biar enak (ane kegoda ama yang satu ini, hehe...ane kan pecinta susu :D), tapi susu kan kaya lemak n kolesterol, gan. Jadi sia-sia aja makan oats yang dikasih susu, kecuali kalo pake susu skim alias susu rendah lemak. Trus ada juga yang makan oats dikasih selai (ane penasaran kek mana rasanya..). yang paling lucu ada yang bikin oats dicampur susu yang banyak biar encer dan ga berbentuk bubur lagi. Trus diminum cepet-cepet biar ga kerasa oatsnya. hahahhaha...ada-ada aja nih..:D

Akhirnya ane pun iseng-iseng beli oats gan. Itung-itung lumayan buat sarapan sebelum kuliah. Maklum, gan...hobi online bikin ane melek ampe malem, trus bangun kesiangan keesokan harinya. Sialnya ane selalu kuliah pagi, gan...jd kadang2 ga sempet makan. Paling cuma minum sereal instan yg hobi diiklanin di tipi-tipi gitu. ah, curcol lagi, ane...maap ye gan... :D

Nah, jadi ane beli oats tuh buat selingan sarapan, jadi ga minum sereal mulu...biar ga bosen. hehe

Suatu ketika ane laper, bikin tuh oats. Ane kan beli yg instan, gan...jadi tinggal diseduh doang udah jadi. Karena ane punya jiwa yg rada-rada udik, ane ga tau gimana caranya masak oats. Masa diseduh doang? trus seberapa dong oatsnya? ya udah deh, ane ikutin petunjuk penyajian di bungkus tuh oats. Jaga-jaga kalo rasanya beneran ga enak, ane campur ma gula n susu, tapi dikit, biar ga sia-sia manfaat si oats (sok peduli kesehatan banget ya...hehe). Ane aduk2...hmmm...baunya enaaaak...trus ane makan...

.
.
.
PARAH GAN, RASANYA!!! hoeeeeekkkkk.... (--'!!)
tapi apa daya? oats sudah menjadi bubur...dan ane masih punya oats sekotak, lagi. Sayang-sayang kalo dibuang... Ya udah deh, ane abisin tuh oats dengan tampang ga jelas gitu. Beneran, aneh banget rasanya!

Beberapa hari kemudian ane ga mau lihat si oats. Masih kebayang-bayang ama rasanya. Tapi itu cuma bertahan beberapa hari doang. Tadi, ane coba makan oats lagi gan..hehe. Abis ane kudu ke Gereja jam 7 pagi n untuk menanggulangi perut ane konser di tengah-tengah kebaktian, biasanya ane minum susu ato minum sereal. Tapi tadi pagi perut ane bener-bener keterlaluan, gan! keknya minta diisi lebih banyak. Alhasil ane punya ide gila, campurin tuh oats (dikit aje) ma sereal. Bodo amat ah, penting kenyang. Alhasil......UENAAAAAAK gan! manteb dah! ane pun berangkat ibadah dengan hati gembira. lalallalala...

Sepulang dari Gereja, ane pun belajar, gan...maklum, bentar lagi UAS, makanya belajar. Coba kalo kaga...ane nge-game mulu, gan..hehe. Ditengah-tengah belajar ane, perut ane keroncongan lagi, gan...padahal abis makan, gan. Parah banget ni perut. Yaudah, gan..ane bikin oats lagi...kali ini ane kasih gula n susu yg agak banyak, plus air yg agak banyak juga. Jadi mirip sereal gitu. Trus ane kasih potongan pisang, gan (gatau dah tadi ane kemasukan demit monyet mana, mpe punya ide kek gitu)..trus ane makan. Voila! Enak juga, gan! hahaha...ketagihan, ane..wkwkkwkwk

Gitu, gan...share ane tentang gimana makan oats. Mungkin bisa agan-agan coba...tapi kalo ga suka ya monggo...terserah agan...hehe. Bye, gan!

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar: